LIMA TIPS MENJADI MEMBER GRUP YANG NGANGENIN

Ternyata, selain menjadi warga dunia nyata, sebagian waktu kita juga disibukkan dengan kehidupan di dunia maya. Yakni, menjadi member di beberapa ruang kumpul berbasis digital. Berikut tips receh menjadi member grup yang ngangenin,

~ Jadilah member aktif yang kontribusinya positif, ngintip-ngintip aja juga ngga apa-apa daripada posting ‘sampah’.

~ Jika membagi info berupa tautan, please ya gaess... kasih judul, narasi pendek, whatever yang menjelaskan apa yang kalian bagi. Itu bentuk responsibility dalam menyebarkan informasi. Dan pastikan dulu yang dibagi bukan hoax.

~ Perhatikan judul perkumpulan grup yang kalian ikuti, dan sesuaikan perilaku dan perikata kita di sana.

~ Dalam berkomunikasi di ruang chat, sebisa mungkin menulis dengan kalimat singkat yang padat dan jelas. Ruang chat itu bukan kolom berita di koran yang bisa menulis panjang. Bukan juga corong bicara seperti gagang telepon, kalimat langsung dan tak langsung itu berbeda, jadi jangan menulis seperti lagi nyerocos lupa titik-koma dan tanda baca lainnya.

~ Terakhir nih gaess, hindari diri dari lontaran-lontaran perdebatan, apalagi menjadi biang keroknya. Jaga selalu Pancasila sila ke-tiga.

Jadikan diri kita sebagai orang yang menjunjung etika, di dunia nyata ataupun di dunia maya. Lakukan dengan penuh cinta, pinggirkan perilaku pencitraan saja, karena sejatinya hidup ngga perlu piala citra.

ANTOLOGI MUSIK HENING ‘GANG GENG GONG’

Melodi musik kehidupan tak selalu bernada minor dan mayor, bahkan ia tetap berirama meski dalam hening aksara. -anti kesuma-

#TantanganGurusiana

Hari ke-57/18032020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search